Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel ilmiah /Artikel review belum pernah terpublikasi dalam jurnal manapun
  • Artikel ilmiah/Artikel review ditulis menggunakan format penulisan yang telah ditentukan
  • Artikel ilmiah/Artikel review yang akan dipublikasikan telah mendapatkan persetujuan publikasi untuk setiap author dan atau pihak - pihak terkait lainnya
  • Penelitian yang menggunakan subjek uji makhluk hidup telah memenuhi persyaratan ethical clearance (EC)

Author Guidelines

KETENTUAN UMUM

1.  Peer Review Process

Artikel/ karya tulis yang masuk harus merupakan artikel/karyatulis yang belum pernah terpublikasikan. Setiap karya tulis/artikel yang di submit akan direvisi oleh peer-reviewers dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti : novelty artikel, objektivitas, metodelogi yang dipakai serta scientific impactnya. Sebelum memasuki tahapan revisi, artikel/karya tulis yang masuk akan dicek persentase plagiarismenya.

2. Open Access Policy

Jurnal ini merupakan jurnal open access dengan konten artikel yang dapat diakses secara bebas untuk mendukung pertukaran pengetahuan secara global.

SUBMISSION AND PUBLICATION

  1. Publication and authorship

Naskah yang didaftarkan merupakan naskah dengan kriteria :

  • Naskah asli yang belum diterbitkan pada media cetak atau online, serta tidak sedang dalam masa pengajuan untuk diterbitkan.
  • Naskah yang diajukan sudah disetujui oleh semua penulis yang dicantumkan (author/co-author)
  • Penulis bertanggungjawab penuh terhadap isi/konten naskah
  • Penelitian dengan subjek uji Manusia dan hewan percobaan harus disertai dengan legalitas etik penelitian dari lembaga berwenang. Pernyataan lolos kajian etik penelitian ditulis pada metode penelitian (dicantumkan nomor surat etik penelitian)
  • Naskah dengan sumber pendanaan dari pihak lain dinyatakan dengan jelas pada bagian ucapan terimakasih
  1. Penarikan Artikel

Artikel/ Karya tulis yang terpublis di jurnal FarmasiMu dapat ditarik publikasinya jika :

  1. Hasil penelitian tidak dapat dibuktikan kebenarannya, seperti data palsu dll
  2. Hasil penelitian sudah terpublikasi di publisher lain tanpa adanya cross-referencing yang jelas dan atau izin dari publisher
  3. Mengandung Plagiarisme
  4. Hasil penelitian tidak memiliki kejelasan ethical clearance

Mekanisme penarikan dapat dilihat pada aturan dari Committee On Publication Ethics (COPE) dan dapat diakses dari https://publicationethics.org.

HAK CIPTA DAN LISENSI

Penulis memiliki hak cipta dari naskah yang dibuat, sedangkan JSR diberikan wewenang untuk mempublikasikan dan memperbanyak sebagian seluruhnya. Konten publikasi JSR bersifat open acces mengikuti lisensi dari  Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

PENYIAPAN NASKAH

1. Ketentuan umum

Naskah yang dikirimkan kepada JSR dalam format Ms.Word ( .docx) dengan ketentuan :

- Ukuran kertas A4, dengan margin :

            Atas     : 3 cm                          Kiri       : 4 Cm

            Bawah : 3 cm                          Kanan : 4 Cm

- Naskah berbahasa Indonesia diketik menggunakan font Times New Roman ukuran 12 pts, spasi 1,5. Apabila ada istilah asing dibuat miring (italic). Komponen dalam naskah terdiri dari:

  1.  Judul     : Ditulis bold  dengan Bahasa baku yang mencerminkan isi naskah, singkat dan jelas tidak lebih dari 20 kata
  2. Abstrak :  Memuat latar belakang, metode penelitian, hasil dan kesimpulan dengan jumlah kata 150- 200 kata. Pada bagian bawah abstrak memuat keyword/kata kunci (3-5 kata kunci)
  3. Isi naskah yang meliputi : Pendahuluan, Metode penelitian, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan), Sitasi dan referensi

Panduan Penulisan Jurnal 

2. Ketentuan khusus

A. Singkatan (abrevation)

Singkatan dalam naskah dituliskan dengan kepanjangannya pada awal kemunculannya

1). Sitasi dan Referensi

  • Sitasi dalam naskah dituliskn dengan nomor dalam tanda kurung siku (contoh: [1],[2], [3] dst)
  • Referensi yang tercantum pada daftar pustaka, merupakan referensi literatur primer dan skunder terbaru serta terindeks google scholar. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi reference manager (zotero, mendeley dll). Daftar pustaka ditulis dengan basis style Vancouver seperti dibawah ini :

          Artikel ilmiah

         [1] H. A. Abdel-Hafiz, “Epigenetic Mechanisms of Tamoxifen Resistance in Luminal Breast Cancer,” Diseases, vol. 5, no. 3, Jul. 2017, doi: 10.3390/diseases5030016.

         [2] R. Y. Utomo, M. Ikawati, and E.Meiyanto; 2020; “Revealing the Potency of Citrus and Galangal Constituents to Halt SARS-CoV-2 Infection,” MEDICINE & PHARMACOLOGY, preprint, Mar. 2020. doi:10.20944/preprints202003.0214.v1. Benet, L.Z., Hosey, C.M., Ursu, O., Oprea, T.I., 2016. BDDCS, the Rule of 5 and Drugability. Adv. Drug Deliv. Rev.101, 89–98. https://doi.org/10.1016/j.addr.2016.05.007 10.1038/srep42717

        Buku / research report

        [3] National Molecule Team, “Research Report: Subhronic Toxicity Assay of PGV-0, PGV-1, and HGV-1 in Rats dan Rabbits,” Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2001.

        [4] Lawhead JB, Baker MC. Introduction to veterinary science. Clifton Park (NY): Thomson Delmar Learning; 2005.

        Skripsi/tesis/disertasi

       [5] Agustin P. Pengaruh Pemberian Nanokristal Kuersetin terhadap Gagal Ginjal Akut yang Diinduksi dengan Gentamisin [Skripsi]. Padang: Fakultas Farmasi Universitas Andalas; 2017.

        Artikel Online

       [6] Pullen LC. Antibiotic Resistance Continues to be a Problem in Children [Internet]. Medscape. 2017 [cited 29 December 2017]. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/860801

2). Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar didalam naskah mengikuti ketentuan berikut :

  1. Tabel diberi border/garis hitam dengan penomoran ( Tabel 1, Tabel 2 dst ) pada bagian atas tabel. Judul table dibuat ringkas dan jelas dalam menggambarkan isi tabel. Judul tabel ditulis menggunakan huruf capital pada awal kalimat judul.
  2. Gambar dan grafik dipersiapkan dengan resolusi bagus sehingga jelas terlihat dengan penomoran (Gambar 1, Gambar 2 dst) dilanjutkan dengan keterangan gambar yang ditempatkan pada bagian bawah gambar. Judul gambar ditulis menggunakan huruf capital pada awal kalimat judul. Simbol dan singkatan pada gambar dijelaskan pada keterangan gambar
  3. Gambar berupa grafik disertai dengan axis title horizontal dan vertical (sumbu x dan sumbu y)

Panduan Submit Jurnal Penulis