TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI - DIABETES MELLITUS DALAM MENGKONSUMSI OBAT

  • Dyah A Perwitasari Faculty of Pharmacy, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Diana Ma'rifatussofia Faculty of Pharmacy, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit serius yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit kardiovaskular lainnya seperti diabetes mellitus. Resistensi insulin pada penderita diabetes mellitus dapat meningkatkan retensi natrium di ginjal dan aktivitas sistem syaraf simpatik meningkatkan tekanan darah. Kepatuhan mengkonsumsi obat bagi penderita hipertensi disertai diabetes mellitus merupakan hal sangat penting untuk menunjang keberhasilan terapi. Tujuan dari penulisan review artikel ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan pasien hipertensi-diabetes mellitus dalam mengkonsumi obat dari beberapa artikel. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu berdasar pencarian literatur melalui website online google scholar menggunakan kata kunci yang telah ditentukan. Dari pencarian literatur didapatkan 4 artikel yang sesuai dengan topik permasalahan, namun hanya diambil 3 artikel untuk direview. Hasil review dari 3 artikel dapat dilihat bahwa rata-rata presentase pasien yang patuh sebesar 48,15% (52 pasien), sedangkan rata-rata presentase pasien yang tidak patuh sebesar 51,85% (56 pasien). Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan pasien hipertensi disertai diabetes mellitus dalam mengkonsumsi obat masih rendah. Ketidakpatuhan pasien dalam menjalani pengobatan dapat disebabkan dari berbagai faktor seperti, kesulitan dalam mengingat pengobatan, tidak suka dengan efek samping yang ditimbulkan, tidak nyaman apabila harus mengkonsumsi obat setiap harinya, dan lain sebagainya. Kepatuhan mengkonsumsi obat merupakan hal yang sangat penting, semakin patuh seseorang dalam mengkonsumsi obat maka dapat meminimalkan dampak buruk bagi kesehatan.

Published
2022-10-13
How to Cite
PERWITASARI, Dyah A; MA'RIFATUSSOFIA, Diana. TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI - DIABETES MELLITUS DALAM MENGKONSUMSI OBAT. FarmasiMu, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 76-85, oct. 2022. ISSN 2808-9049. Available at: <http://journal.stikesmuhcrb.ac.id/index.php/pcj/article/view/159>. Date accessed: 18 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.