FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS SEDIAAN SHAMPO ANTIKETOMBE EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona mucirata L.) TERHADAP Candida albicans

FORMULATION AND ACTIVITY ASSESSMENT OF ANTI-CHARMOND SHAMPOO LEAF EXTRACT OF SOURSOP (Annona mucirata L.) AGAINST Candida albicans

  • Ade Irawan STIKES Muhammadiyah Cirebon
  • Teguh Adiyas Putra STIKES Muhammadiyah Cirebon
  • Wawan priyadi STIKes Muhammadiyah Cirebon

Abstract

 


Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, negara yang seimbang dimana mikroorganisme seperti jamur dapat dengan mudah tumbuh. Ada beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, termasuk penyakit kulit. Penyakit kepala sering disebabkan oleh keringat dan kulit yang lembap. Salah satu penyakit kulit kepala yang disebabkan oleh Candida albicans adalah ketombe. Daun sirsak (annona mucirata L.) mengandung senyawa flavonoid, tannin, alkaloid dan saponin yang berfungsi sebagai antifungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi yang terbaik pada formulasi sediaan shampoo antiketobe pada ekstrak daun sirsak (annona mucirata L.) untuk menghambat aktivitas jamur Candida albicans. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian ekspiremental laboratorium dalam rancangan only control. Pada penelitian dilakukan pembuatan formulasi sediaan shampoo dari ekstrak daun sirsak (annona mucirata L.) dengan konsentrasi 20%, 35%, dan 50%. Untuk memperoleh sediaan yang terbaik formulasi sediaan shampoo dilakukan evaluasi sediaan serta uji antifungi. Evaluasi sediaan yang meliputi uji organoleptik, homogenitas, pH, tinngi busa. Uji aktivatas antifungi Candida albicans dilakukan dengan metode sumuran menggunakan media Potato Dextrose Agar (PDA). Jamur diinokulasi menggunakan NaCl 0,9% yang dituangkan kedalam cawan petri yang berisikan sampel sediaan shampoo ekstrak daun sirsak. F1 (20%), F2 (35%), F3 (50%), Kontrol negatif (shampoo tampa zat aktif), dan kontrol positif (shampoo ketoconazole 2%). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada ekstrak sediaan shampo daun sirsak pada F1 memiliki daya hambat rata-rata 21,66 mm, F2 20,33 mm, F3 22 mm dan kontrol positif 33 mm. dari hasil yang didapat bahwa dari ketiga formulasi. F3 memiliki daya hambat yang lebih besar dengan rata-rata 22 mm.


Kata kunci: Shampoo antiketombe, Candida albicans, ekstrak daun sirsak (annona mucirata L.).


 


 


 


 


 

Published
2022-10-13
How to Cite
IRAWAN, Ade; PUTRA, Teguh Adiyas; PRIYADI, Wawan. FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS SEDIAAN SHAMPO ANTIKETOMBE EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona mucirata L.) TERHADAP Candida albicans. FarmasiMu, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 100-112, oct. 2022. ISSN 2808-9049. Available at: <http://journal.stikesmuhcrb.ac.id/index.php/pcj/article/view/210>. Date accessed: 18 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.